Kurikulum 2004 (KBK) & Kurikulum 2006 (KTSP) Memang Berbeda Secara Signifikan 28 Februari 2008
Posted by rijono in Opini Pendidikan.Tags: Indikator, KBK, Kompetensi Dasar, KTSP, Kurikulum, RPP, Sisdiknas, Standar Kompetensi
trackback
Banyak kalangan, termasuk aparat Depdiknas dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota membuat statement bahwa Kurikulum 2004 (atau KBK) tidak terlalu jauh berbeda dengan Kurikulum 2006 yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dan baru ditetapkan pemberlakuannya oleh Mendiknas melalui Peraturan Mendiknas No. 24 Tahun 2006 tanggal 2 Juni 2006. Saya tidak tahu, apakah penyataan mereka itu dimaksudkan untuk “menghibur guru” agar tidak resah menghadapi perubahan kurikulum ini. Mengingat Kurikulum 2004 ini masih dalam taraf ujicoba yang lebih luas sejak tahun pembelajaran 2004/2005 dan belum semua sekolah sudah menerapkan secara utuh Kurikulum 2004. Namun apa daya, kini sudah dimunculkan kurikulum baru, Kurikulum 2006. Sehingga muncullah statement yang “menghibur” tersebut.
Hal ini adalah ironis, karena menunjukkan pemahaman yang sangat dangkal mereka terhadap Kurikulum 2006 tersebut. Saya menduga mereka hanya “mengulang-ulang” pernyataan dari BSNP, aparat Pusat Kurikulum, Pejabat Depdiknas yang bermaksud meredam agar Kurikulum 2006 tidak mendapat tentangan dari ujung tombak pendidikan : guru dan sekolah, atau gejolak yang meresahkan masyarakat dan dunia pendidikan. Jika saja mereka sudah melakukan pembandingan secara mendalam kedua kurikulum tersebut, niscaya mereka akan mengatakan bahwa Kurikulum 2004 dengan Kurikulum 2006 berbeda secara nyata, secara signifikan. Memang harus diakui dalam beberapa hal ada kesamaan atau kemiripan antara keduanya.
Berikut ini saya rangkum perbedaan dan persamaan antara Kurikulum 2004 dan Kurikulum 2006 (periksa tabel)
Tabel : Perbandingan Kurikulum 2004 dan 2006
ASPEK |
KURIKULUM 2004 |
KURIKULUM 2006 |
1. Landasan Hukum |
|
|
2. Implementasi / Pelaksanaan Kurikulum |
|
|
3. Ideologi Pendidik- an yang Dianut |
|
|
4. Sifat (1) |
|
|
5. Sifat (2) |
|
|
6. Pendekatan |
|
|
7. Struktur |
|
|
8. Beban Belajar |
|
|
9. Pengembangan Kurikulum lebih lanjut |
|
|
10. Prinsip Pengembangan Kurikulum |
|
|
11. Prinsip Pelaksanaan Kurikulum |
Tidak terdapat prinsip pelaksanaan kurikulum |
3. Memungkinkan peserta didik mendapat pelayanan perbaik-an, pengayaan, dan/atau percepatan sesuai dengan potensi, tahap perkembangan, dan kondisinya dengan memperhatikan keterpaduan pengembangan pribadi peserta didik yang berdimensi ke-Tuhanan, keindividuan, kesosialan, dan moral.
5. Menggunakan pendekatan multistrategi dan multimedia, sumber belajar dan teknologi yang memadai, dan meman-faatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar. 6. Mendayagunakan kondisi alam, sosial dan budaya serta kekayaan daerah untuk keberhasilan pendidikan dengan muatan seluruh bahan kajian secara optimal. 7. Diselenggarakan dalam kese-imbangan, keterkaitan, dan kesinambungan yang cocok dan memadai antarkelas dan jenis serta jenjang pendidikan. |
12. Pedoman Pelaksanaan Kurikulum |
|
Tidak terdapat pedoman pelaksanaan kurikulum seperti pada Kurikulum 2004. |
Untuk sementara baru 12 aspek yang saya temukan, dimana hanya 2 (dua) hal saja yang sama, yakni landasan ideologis dan pendekatan yang digunakan. Sementara 10 aspek lainnya berbeda sangat nyata, meskipun ada kemiripan pada butir-butir tertentu.
PERBEDAAN ESENSI SK DAN KD
Hal yang sering dikatakan oleh pejabat Depdiknas dan Dinas Pendidikan, bahwa Kurikulum 2004 dan 2006 adalah pada aspek Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasarnya. Sepintas memang ya, padahal sesungguhnya tidak semuanya benar.
Dalam Kurikulum SD/MI 2004 hanya terdapat satu SK masing-masing jenjang kelas untuk hampir semua mata pelajaran. Namun dalam Kurikulum 2006 terdapat dua SK untuk setiap jenjang kelas untuk seluruh mata pelajaran plus rinciannya pada kelas dan pelajaran tertentu. Masing-masing SK sudah diplot mana yang untuk semester 1 dan 2. Sementara itu, batasan semacam ini tidak ada pada Kurikulum 2004.
KD-KD yang ada dalam Kurikulum 2004 ada yang masih digunakan dengan rumusan yang sama atau mirip dengan rumusan KD dalam Kurikulum 2006. Ada beberapa KD Kurikulum 2004 yang dibuang. Ada beberapa KD yang baru dalam Kurikulum 2006. Sehingga kalau ruang lingkup materi (scope) ini dijadikan ukuran, maka memang tidak terlalu banyak perbedaan Kurikulum 2004 dengan Kurikulum 2006. Namun KD-KD yang ada dalam Kurikulum 2004 tersebut direkonstruksikan kembali, ditata kembali sedemikian rupa sehingga menjadi sangat berbeda dalam urutannya (sequence).
Walaupun ruang lingkup materi yang sama antara kedua kurikulum tersebut, namun karena urutan penyajian per kelasnya menjadi berbeda, maka kedua kurikulum tersebut berbeda. Sebagai contoh, ada KD pada kelas III SD untuk mata pelajaran IPS yang dipindahkan ke kelas II. Beberapa KD dalam mata pelajaran IPS di SD dipindahkan dari kelas VII ke kelas VIII, atau sebaliknya. KD untuk PKN di SMP dipindahkan ke kelas VIII dan IX dari kelas VII. Sebaliknya ada KD di kelas VIII yang diturunkan ke kelas VII.
Pemindahan KD sebagai penataan kembali KD dari Kurikulum 2004 ini terjadi pada semua mata pelajaran dan semua jenjang sekolah pada Kurikulum 2006. Hal ini akan sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran di kelas, terlebih jika sekolah berkehendak akan melaksanakan Kurikulum 2006 secara penuh pada tahun pembelajaran 2006/2007 ini.
Perubahan lain adalah bahwa pembelajaran di kelas I, II dan III SD/MI perlu dilaksanakan secara tematik, sementara untuk kelas IV, V dan VI dengan pembelajaran bidang studi. Khusus untuk IPA dan IPS di SD digunakan pendekatan pembelajaran terpadu.
Sedangkan IPA dan IPS di SMP yang semula SK dan KD-nya disusun dengan menggunakan pendekatan sub-bidang studi, pada Kurikulum 2006 tidak lagi menggunakan pendekatan tersebut. Hal ini berdampak pada manajemen kurikulum dan pembelajaran di kelas.
Sementara itu di SMA/SMK tidak ada perubahan seperti yang ada di SD dan sebagian di SMP. Namun bukan berarti tidak ada perubahan atau penataan KD di kurikulum SMA/SMK. Jumlah SK dalam Kurikulum 2004 yang semula 1 atau beberapa pada setiap mata pelajaran, pada Kurikulum 2006 dikembangkan menjadi beberapa SK . SK-SK ini sebagian besar diambil isi SK dalam Kurikulum 2004.
Namun kalau dicermati, ternyata SK-SK dalam Kurikulum SMA 2006 ini identik, sangat mirip dengan KD-KD dalam Kurikulum SMA 2004. Demikian pula KD-KD pada Kurikulum 2006 ini sangat identik dengan indikator pencapaian pada Kurikulum 2004. Dengan kata lain, terdapat “peningkatan status KD dan Indikator” pada Kurikulum 2004, sehingga menjadi SK dan KD pada Kurikulum SMA 2006.
Kalau terjadi banyak kali kasus seperti ini, rasanya tidak elok jika kita masih saja mengatakan bahwa Kurikulum 2004 sama dengan Kurikulum 2006, atau perubahan yang ada tidak banyak. Kalau mau melihat seberapa banyak perubahan kedua kurikulum tersebut, buatlah matriks pemetaan SK dan KD + indikator dari kurikulum dengan Kurikulum 2006. Pasti kepala puyeng, dan mata berkunang-kunang.
IMPLIKASI PADA MANAJEMEN KURIKULUM & PEMBELAJARAN
Akibat perubahan dan penataan kembali SK dan KD pada Kurikulum 2006, maka akan berdampak pada manajemen kurikulum dan pembelajarannya. Sebagai misal, bagaimana membuat jadwal pelajaran pada kelas I s.d. III SD/MI sesuai dengan model pembelajaran tematik. Sedangkan selama ini guru Pendidikan Agama dan Penjas Orkes adalah guru bidang studi? Bagaimana mengisi rapor siswa? Bagaimana penilaiannya? Demikian pula dengan mata pelajaran IPS dan IPA di SMP/MTs. Karena tidak lagi menggunakan pola sub-bidang studi, maka pengaturan siapa yang mengajarkan KD tertentu sesuai dengan rumpun ilmu pembentuknya harus disusun dengan baik.
Ambil contoh, di KD IPA SMP pada semester 1 kelas VII terkait dengan Fisika dan Kimia. Sementara untuk Biologi terdapat pada semester 2. Nah, apakah guru Biologi ini akan dibiarkan menganggur selama satu semester untuk menunggu gilirannya pada semester 2? Atau guru Fisika kemudian akan menganggur setelah satu semester mengajar? Bagaimana dengan guru-guru di sekolah swasta yang hanya dibayar sesuai jam riil mengajarnya? Dalam pelajaran IPS, kasus ini juga akan terjadi.
Persoalan manajemen kurikulum dan pembelajaran yang sangat berbeda antara Kurikulum 2004 dengan Kurikulum 2006. Kedua persoalan ini akan sangat dirasakan oleh para guru pengajarnya karena mereka adalah perencana, pelaksana dan penilai pembelajaran. Merekalah yang akan dibingungkan setiap hari dalam melaksanakan tugasnya.
Jadi, sekali lagi, jika perbedaan antara kedua kurikulum tersebut sangat sugnifikan. Dan para guru adalah “korban” pertama dari perubahan kurikulum ini. Secara rinci perubahan kurikulum pada masing-masing jenjang sekolah akan saya kupas dalam tulisan-tulisan berikutnya. Selamat menikmati perubahan!
Samarinda, 29 Juli 2006
thanx yah, akhir nya ada bahan analisis jua utk unda bikin aplikasi dewan kurikulum ^_^. Ntar ku pelajarin dulu deh… makacii…
Thanx to mas Nanang! Selama ini, hal ini menjadi pertanyaan saya n ini jadi dasar tuk pelajarin kembali ulasan Anda. Para guru yang membaca ulasan mas Nanang jangan takut yach….. Jadikan ini sebagai pijakan, seandainya Anda melihat kenyataan bahwa memang keduanya berbeda!!!! Bye….
Matur nuwun tuk Pak Nanang informasi anda menambah wawasan, juga buat adhek saya senang karena bingung rangkum perbedaan antara kurikulum 1999,KBK, dan KTSP. MUNGKIN ANDA BISA MENAMBHKAN Tulisan sebagai telaah Kurikulum yang telah berlaku hg yang terbaru.
Wah Bapak trimakasih banyak yaaa… telah membantu saya mengenai perbedaan kurikulum ’04 dan ’06. tapi mungkin Bapak bisa menambahkan lagi perbedaan kurikulum ’94, ’04 dan ’06. Trimakasih.
Informasi yang bapak sajikan memberikan banyak masukan kepada saya. Hanya saja, kolom paling kanan pada tabel perbandingan kurikulum di atas tidak bisa saya baca karena terpotong oleh tampilan blog ini. Mohon kalau bisa saya dikirimi tabelnya yang lengkap ya, Pak. Terima Kasih
tolong berikan perbedaan kurikulum secara rinci antara tahun 1994, 2004, dan KTSP (2006)
tabel yang bapak kasih sangat baik namun tabel yang sebelah kanan tidak dapat terbaca…..tolong di kirim tabel yang baik dengan judul perbedaan dan persamaan antara kurikulum 1994 dengan kurikulum 2006.
terima kasih banget atas informasinya ,halini sangat membantu kami sebagai guru di tingkat SD.
syukronnnbanget tas artikelnya sanagat membantu banget semoga bermanfaat buat pendidikan kita semua…
tolong beritahu saya tentang perbedaan peran anak didik dalam kbk dan ktsp
untuk kurikulum 1994 bedanya apa?
ktsp dan kurikulum yg laen yaaaaaaa? Klo peserta didiknya aza wong tak ngerti………….hehhehehehe…Gmn solusinya?
po do ae kang
kapan tulisan yang terbaru terbit lagi, kami tunggu……
sama seperti pesane mbak rahma aja. .
???????????????????????????????????/
ada yang lebih rinci atau lebih jelas tidak?terima kasih
analisis PKN SD dalam KBK dan KTSP
terima kasih bossss
Terima kasih bung !
saya sedang mencari perbandingan kurikulum untuk tugas mata kuliah telaah kurikulum. Kebetulan pas menemukan blog anda.
sekali lagi terima kasih
maaf pak, blog anda contentnya terpotong disebelah kanan. Kalau tidak keberatan boleh saya meminta contentnya dalam bentuk pdf atau doc. Saya akan mempergunakan content tersebut untuk keperluah bahan skripsi saya. Jika bapa tidak keberatan, mohon kirim ke email saya. veilloetchoe[at]gmail.com
Trims pak
apa hal yang sangat mendasar dengan adanya perubahan ktsp? kenapa? bikin pusing nang ae
ela kakate hau . . yaku jadi mauk tuh mamikir e . . .katawan jida ketoh ji pangong
mas,saya mo nanya perbedaan antara KTSP untuk SD,SMP,SMA dan SMK……tolong ya mas ya coz bingung bgt neh!!!
klo bsa scptx y!!!…..
maturnuwun………
mas kok tabel sebelah kanan terpotong gak bisa dilihat kirimin lagi dong,makasih ya
pak , tolong ya kirim ke emailku, perbedaan kurikulim diatas, yang lengkap ya,biar tabel sebelah kanan bisa dibuka. Thank’s
makasih yaa, akhirnya ada juga buat akang pelajari bahan ini buat tugas akang.
pesn :
jangan lupa minum klorofil yaa.
makasih pak nanang kebetulan saya ada disuruh untuk membuat makalah tentang kurikulum sekarang udah ketemu bahannya ,saya sendiri seorang guru tapi perbedaan hakiki dari kedua kurikulum tersebut masih sangat terbatas
pak , tolong ya kirim ke emailku, perbedaan kurikulim diatas, yang lengkap ya,biar tabel sebelah kanan bisa dibuka. Thank’s
bisa diberi SKL ujian sekolah untuk praktik dan tertulis, saya lagi membutuhkan bahan tersebut
terima kasih pak atas penjelasaanya.. namun akan sangat bermanfaat jika seandainya data tersebut tersaji secara sempurna karena tabel disebelah kanan tidak bisa saya buka. tolong kirim ke email saya. thanks. abror.
ada versi lainya ga? tabelnya kepotong tuh, ga bisa dibaca. btw, thank untuk tulisannya. bagus bgt.
boss thankz you atas opini pendidikan
Thankzzz BAngetzzz.
Opini pendidikannya membantu Q dlm Mengerjakan Tugassssssss
Thankzzz BAngetzzz.
Hal ini membantu dlam mengerjakan tugasss
Pak Nanang, tabel kanan terpotong, jadi saya tidak bisa mengira kalimatnya. Tolong dikirim ke email saya ya pak. Tx.
Satu pertanyaan saya, kenapa jurusan IS (IPS) suka dipandang remeh oleh pihak lain, bahkan kadang program sekolah juga tidak adil. Contohnya kenapa dana lab. siswa IA (IPA) diberikan sedang untuk siswa IS tidak diberikan ? Padahal kalo lab IS itu kan masyarakat, coba diberikan kesempatan untuk studi pengamatan / laboratoris ke masyarakat tertentu. Mereka bayaran nya sama bayar sumbangan IPDB juga sama ?!!
minta tolong kirimin tabel yang lengkp ke email saya dong
Aslm. Mas nanang, tolong tabelnya diperjelas lagi supaya g kepotong, soale penting banget tuh…
Tq B4
apa perbedaan kurikulum 1994 dan KTSP?
ass,pak nanang , bsa d prjelas lg tntang prbdaan ktsp and kbk,,,,,,
law bs kkrim ke email sya ya. thanks of all
pak ksh infonya yang jelas & lengkap karena tabelnya terpotong separo jd ga terbaca.
Ma’af bukannya ikut-ikutan, tapi memang benar perbedaan kurikulum 2004 dengan kurikulum 2006 kurang jelas, please…send it’s my E-mail : iim_imronholidi@yahoo.co.id
ada yang bilang kurikulum 2006 dengan kurikulum 2004 adalah sama. setelah membaca hasil analisis bapak ternyata beda. agar pengetahuan saya bertambah mengenai kurikulum yang terus mengalami perubahan dengan berbagai alasan. bisakah saya minta analisis kritis dari bapak mengenai kurikulum mulai dari tahun 1974 sampai kurikulum 2006 yangs ekarang berlaku. terima kasih atas kesediannya berbagi ilmu dengan saya
assalamu’alaikum,trimakasih pak..atas penjelasannya, krn saya bisa menyelesaikan tgs kuliah saya. awalnya saya bingung dg tabel yg kepotong,tp kl dicopy ternyata tercantum smua kok…
Untuk pengguna TI, yang mengalami kesulitan tentang Hardware & Software, Pemrograman Under Dos dan Visual
Saya berikan kesempatan untuk tukar pengalaman seluas – luasnya
Kirimkan kasus ke Email : tugasku2009@yahoo.com
Saya berikan solusi yang terbaik dan Free
tolong dunk enjelasanlebih rinci lagi coz agak bingung juga. apalagi tabel sblah kanan gak bisa dibaca.
THANKS … BAPAK TLAH MEMBERI PENCERAHAN TENTANG KTSP-KBK PADA SAYA…
PENJELASAN NYA CUKUP JELA,PADAT, SBAGAI BHAN MT.KULIAH .TERIMA KASIH
lumayaaaan!
kq cuma setengah setengah ceee…..
yang setengah lage kemana??????
Pak tolong dikirimkan potongan tabel yang sebelah kanan/kalau bs yang selengkapnya untuk bantuan saya dalam belajar secara singkat.
Tolong pak tabel nya yang lengkap Thnk.
Pa bisa ngobrol langsung di darat ? mau berguru
Perbedaan KTSP dan KBK dilihat dari tagihan akhir pembelajaran, proses dan sistem evaluasinya, mohon dijelaskan karena saya kurang mengerti
maaf, mau tanya kalo perbedaan antara kurikulum SD, SMP, SMA. itu apa c?mav ya Pak tolong jawab pertanyaan dari saya. terimakasih
HATURNUHUN MAS ANANG TAS INFONYA. . .
saya ingin tanya:1. Bagaimana konsep pembelajaran guru di Indonesia saat ini ?
tlg donk kasih tau sejarah/perjalanan kurikulum di Indonesia mulai dari orde baru smpe skrg
trima kasih sebelumnya
tolongin aq dunk…referensi yang lengkap tentang kurikulum 2006. apa di buat pas di daftar pustaka??? soalnya bingung pas di tanya pembimbing.
matur nuwun pak atas hasil analisis bapak mengenai perbandingan kurikulum 2004 dengan kurikulum 2006, sangat membantu saya baik untuk tugas saat ini maupun guna memperluas wawasan saya sebagai bekal kelak jadi guru.
KBK itu jiwanya KTSP.
KBK dibuat pusat, KTSP dibuat sekolah….
[…] judul artikel : Kurikulum 2004 (KBK) & Kurikulum 2006 (KTSP) Memang Berbeda Secara Signifikan […]
tolong kirimkan perbedaan KTSP Dan KBK
Sip pak paparannya, tapi kalo boleh tolong kirimi perbedaan landasan kurikulum 1993 dengan kurikulum 2006. sebelumnya saya ucapkan matur nuwun pak.
66. sbandriyo – 8 juni 2010
Saya juga heran kenapa KBK 2004 dan KTSP, dalam banyak kesempatan dianggap sama. Ini dagelan pendidikan kita, yang lebih lucu dari sriulat. Sebagai “produk” pengembangan kurikulum, bukankah KBK dan KTSP jelas beda.
Paparan anda sangaaat baguuus.
makasih pak…. ngebantu bgt bwt UAS td
tq pak… info na sngat berguna untuk bahan tugas telaah kurikulum aq..
lam kenal ya pak…
dtgg info berikut nya….
terima kasih pak
terimakasih..
saya setuju dengan perkembangan kurikulum sekarang,,,tapi permasalahan nya kenapa pada kurikulum KTSP ujian UAN nya berasal dari pemerintah pusat, pada hal KTSP kurikulum berasal dari daerah masing-masing
makasih ya atas infox……….
skrng aq bsa nyelesaiin tgas kliah
Terima kasih pak, semuga ini bisa menjadi kebaikan yang akan mendapat pahala dari Allah SWT… Amienn…
Pa saya mahasiswa, terus terang saya mau baca tentang perbandingan KBK dengan KTSP.. terima kasih pa…moga bapak diberikan kesehatan yang baik…dan bisa memberikan tulisan lagi yang lebih baik..lagi
pak saya ingin tau lebih dalm perbedaan KBK dg KTSP…. terimakasih.
makasih info nya,saya dpt tugas dari dosen tentang perubahan kurikulum.
Terima kasih infonya sangat bermanfaat
Makasih Yah,,sehingga penjelasan dari ini dapat aku mengerti dan memahami isinya….
tank’s pak
mksh pak bwt info’x…pak tmbahin tentang prbdaan tiap rpp’x..mksh pak sblum’x!!!
lumayan banyak tapi agak kurang detail
apa ch yang menyebabkan kurikulum di indonesia berubah ?????
gak jelas pak,perbedaannya terpotong pada tabel
trims, telah banyak membanbtu
Depdiknas (2002:5) yang dibanti oleh KTSP 2006 maksunya apa yah gan??? ane ga ngerti nih.. ada yang punya halaman yang membahas tentang itu tak? makasih banget klo ada yang mau bantu ane 🙂
SUPER SEKALI PENJELASAN BAPAK!THANK’S.
super sekali penjelasan Bapak!
[…] https://rijono.wordpress.com/2008/02/28/kurikulum-2004-kbk-kurikulum-2006-ktsp-memang-berbeda-secara-… Comments RSS feed LikeBe the first to like this post. […]
hebaatnihakubisa tambah !pengetahuan
bisa nambah wawasan guru dan pemerhati pendidikan
tolong donk bantu q…spa yg tw tentang perbedaan dan persamaan kurikulum yang pernah ada di indonesia ini…
nek ada yng tw tolong kasih linknya y??????
pleaseeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee……………………….
pak,
tlg kirim kan perbedaan ktsp dan kurikulum 1994 dlm konteks pendidikan ipa sd berdasarkan aspek orientasi, pendekatan pembelajaran, pengorganisasian materi, hasil pendidikan, perangkat pembelajaran, pendekatan penilaian, peran pendidik dlm pembelajaran. tlg bantu y pak& kirimin ke e-mail q
terima kasih, kelak mudah-mudahan bermanfaat
[…] 7. Rijono, Nanang. “Kontribusi Kecil untuk Dunia Pendidikan Indonesia”, (online) available: https://rijono.wordpress.com/2008/02/28/kurikulum-2004-kbk-kurikulum-2006-ktsp-memang-berbeda-secara-…., (diakses pada tanggal 1 Juni 2009) [1] Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa […]
Matur Nuwun, P Nanang, ulasannya cukup bagus. Saya ingin nanya, tabel perbandingan yang Bapak gunakan buatan Bapak atau mengkopi dari sumber lain? Saya menemukan tabel perbandingan yang persis sama dengan bapak di halaman ini http://dc306.4shared.com/doc/aarxpjCl/preview.html
membantu sekali
pak tanya silabus dengan kurikulum,bedanya apa ya?
mohon penjelasannya..mkasih
perbandingan ditinjau dari isi materinya gmn ?
pak tabel perbedaannya terpotong………………,mohon bantuannya saya butuh sekali untuk bahan skripsi saya….makasih banyak.
terima kasih banyak, ini sangat membantu saya dalam belajar….
Wah bgus skli informasi yg bpk sajikan n sngat bgs,,, tpi cyg tabel sebelah knan hlng klw bsa krim lgi donk!!!
terimakasih banyak sudah membantu
tolong jelaskan perbedaan KK KTSP dengan KK sebelumnya..??
thank pa
Assalamualaikum…
Pak..saya alumni UM Malang Jur: Teknologi Pembelajaran Angkatan 2009..Mohon file tentang Kurikulum 2004 (KBK) & Kurikulum 2006 (KTSP) Memang Berbeda Secara Signifikan dapat di kirim ke email saya (eri_montes@yahoo.com) karena pada blog bapak tabelnya tidak terbaca secara utuh..
Mohon secepatnya bapak karena kami akan mengikuti Ujian Sertifikasi Guru pada hari sabtu 25 Pebruari 2012.
Terima kasih untuk bantuan Bapak, terima kasih
Wassalam
Eri Satria, M.Pd
terima kasih, artikel ini sangat membantu
M. Saldy Akbar, S.Pd.
Guru SD Inpres Tello Baru Makassar
trims. sangat membantu sekali 🙂
[…] 2008. Kurikulum 2004 (KBK) & Kurikulum 2006 (KTSP) Memang Berbeda Secara Signifikan. [Online]. Tersedia : […]
[…] 2008. Kurikulum 2004 (KBK) & Kurikulum 2006 (KTSP) Memang Berbeda Secara Signifikan. [Online]. Tersedia : […]
[…] https://rijono.wordpress.com/2008/02/28/kurikulum-2004-kbk-kurikulum-2006-ktsp-memang-berbeda-secara-…, […]
Saya ingin mengetahui lengkap buah pikiran anda jadi saya putuskan untuk menjadi follower anda. Terimakasih jika diberi kesempatan untuk sharing.
ga jelas, ga bisa dilihat !!!!
mas riyono panjenengan jeli, coba nanti kita bandingkan dengan yang tahun 2013 apa yang beda lagi secara esensial, kalau semua tenaga di lapangan guru, kepala sekolah, pengawas dan kadinas tanggap seperti anda pasti mampu menjelaskan dengan gamblang – masalah utama disini – ktsp saat inipun belum semua stakeholder pendidikan PAHAM dan MENGERTI serta MAMPU melaksanakan dengan baik – maaf mas seperti untuk melakukan diagnostik test saja masih enggan krn merasa sudah mengerti dan sudah biasa padahal pemahaman mendalam pada SKL, Isi, Proses apalagi penilaian (yang ini kedododran) msh perlu ditingkatkan lagi.
PROGRAM RAPOR KURIKULUM 2013 / RAPOR OTOMATIS SEKOLAH TERBARU!! UNTUK SMP/SMA/SMK DAN TELAH SESUAI DENGAN PERMENDIKBUD NO. 104 THN 2014 ==> eduka-tekno.blogspot.com
[…] https://rijono.wordpress.com/2008/02/28/kurikulum-2004-kbk-kurikulum-2006-ktsp-memang-berbeda-secara-…, Minggu 9 September 2012 Pukul: 14.04 […]
Ada contoh silabus lama dak ? tahun 2004 , 2006
tolong buatkan soal sama tentang mapel terserah setelah tu pake k2004 sama k13 dan tolong berikan pembedanya dmana
tolong dong di share kbk 2004
Pak mohon di share isi kurikulum 2016 sd